Pengeluaran Kok Banyak Banget? Berikut Tips Mengurangi Pengeluaranmu

Pengeluaran Kok Banyak Banget? Berikut Tips Mengurangi Pengeluaranmu

Hai sobat, kalian semua tahu bahwa berbelanja merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup kalian, namun kalian pasti pernah tidak sengaja membeli barang yang sebenarnya tidak kalian butuhkan sama sekali atau biasa disebut khilaf. Bahkan saya jamin kalian cukup sering melakukan khilaf ini dan berujung pada pengeluaran kalian yang sangat besar setiap bulannya.

Membeli barang yang tidak perlu merupakan suatu pemborosan yang kurang baik untuk keuangan pribadi, hal ini diperparah dengan kemudahan membeli barang karena berkembangnya e-commerce yang sangat pesat dengan munculnya marketplace seperti Tokopedia, maupun shopee yang juga menawarkan promo yang cukup menggiurkan bagi kalian sebagai pembeli. Nah Warren Buffet seorang investor saham paling terkenal didunia pernah mengatakan "Jika kamu membeli barang yang tidak kamu butuhkan sekarang, maka kamu akan menjual barang yang kamu punya nanti", kutipan ini seakan menjadi tamparan keras bagi kalian yang tidak bisa berhemat dalam pengeluaran kalian.

Meskipun begitu kalian juga pasti sadar bahwa kebiasaan konsumtif ini tidak baik dan tidak sehat untuk kalian pelihara dalam jangka waktu yang lama, nah saya memiliki cara yang bisa kalian gunakan untuk menekan kebiasaan kalian dalam membeli barang yang sebenarnya tidak kalian butuhkan yaitu "Metode 7 Harian".

Metode 7 Harian

Metode ini sebenarnya cukup simpel untuk kalian praktekkan. Saat kalian ingin membeli suatu barang baik barang yang murah maupun mahal, tahan keinginan kalian untuk membeli barang tersebut selama paling tidak 7 selama hari.

Dalam 7 hari tersebut rasakanlah apakah kehidupan kalian benar-benar dipengaruhi dengan ada atau tidaknya barang yang kalian ingin beli tadi. Jika kehidupan kalian bisa berjalan lancar tanpa barang tersebut kalian bisa simpulkan untuk tidak membeli barang tersebut karena ini berarti barang tersebut bukanlah barang yang kalian butuhkan. Sebaliknya, jika kalian merasa kehidupan dan aktivitas kalian tergangu saat barang ini tidak ada kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli barang tersebut.

Mengapa saya menyebutkan untuk mempertimbangkan bukan membeli langsung? karena kalian harus melihat kembali uang yang ada direkening kalian. Apakah uang tersebut cukup untuk membeli barang yang kalian butuhkan itu? Apakah setelah membeli barang tersebut uang direkening kalian tetap bisa memenuhi kebutuhan kalian sehari-hari?

Dalam membeli barang, usahakan barang yang kalian beli bisa memberikan hasil yang optimal bagi hidup kalian, jika kalian membeli laptop belilah laptop yang memang sesuai kebutuhan kalian. Jangan membeli laptop gaming jika pekerjaan kalian hanya untuk menulis di Microsoft Word hal tersebut sangat tidak efisien dan membuat kalian kehilangan uang yang sebenarnya bisa kalian tabung untuk masa depan kalian mendatang.

Jadi sekian saja tulisan saya hari ini, semoga yang saya tulis bermanfaat, aturlah keuanganmu, teruslah belajar, dan salam.


Sumber: ishoo.id